Minggu, Januari 29, 2012

Keputihan


Keputihan  adalah suatu istilah yang digunakan di mana keadaan keluarnya cairan  vagina yang berlebihan atau tidak biasa (di luar dari keadaan normal).  Keputihan tidak pasti karena suatu penyakit, keadaan tertentu secara  fisiologis (normal) misalnya, pada waktu masa subur,  akan/setelah  menstruasi, capek, stress berat dapat menimbulkan terjadi  keluarnya cairan yang berlebihan. Apakah ini termasuk keputihan yang  masih dianggap normal? Lihat sifat-sifatnya terlebih dahulu. Ciri-ciri  keputihan fisiologis diantaranya warna cairan masih bening dan tidak ada  keluhan-keluhan lain. Kalau ada keluhan-keluhan lain seperti warna  cairan berubah menjadi hijau, baunya busuk, rasa gatal, rasa nyeri,dll  maka itu sudah menunjuk ke arah yang abnormal. Jadi, ada keputihan  karena proses 
normal dari tubuh dan ada juga proses keputihan yang patologis atau karena penyakit.
Perlu diketahui bahwa ada suatu keadaan-keadaan tertentu dari tubuh wanita yang memudahkan untuk tumbuhnya keputihan, awalnya memang normal namun jika kita mempunyai kebiasaan yang tidak baik seperti membiarkan daerah kewanitaan kita selalu lembab/ basah, dalam keadaan basah tentu dapat memudahkan tumbuhnya infeksi jamur. Ada suatu penyakit yang disebabkan karena perilaku/kebiasaan individu itu sendiri. Sebenarnya di dalam vagina kita bukanlah keadaan yang steril, karena memang vagina adalah organ wanita yang selalu berhubungan dengan dunia luar sama seperti kulit kita yang tidak pernah steril, selalu ada bakteri yang ada di dalam tubuh kita, sama juga dengan mulut dan usus kita. Di dalam vagina juga terdapat bakteri yang disebut flora/tumbuhan, flora ini dianggap sebagai flora normal. Flora normal adalah suatu kehidupan yang sebenarnya mendukung organ kewanitaan kita agar senantiasa sehat. Flora vagina menyebabkan keasaman di dalam vagina, asam inilah yang digunakan untuk menghambat tumbuhan atau kuman-kuman yang tidak baik (kuman-kuman yang menyebabkan penyakit).
Namun, jika terdapat keluhan-keluhan yang lain sebaiknya kontrol ke dokter. Perlu diwaspadai bahwa gejala keputihan itu sangat bervariasi dari yang biasa karena infeksi jamur sampai ke kanker. Jangan terlalu takut tetapi jangan menyepelekan.
Bagaimana agar tidak keputihan?
  1. Dijaga kebersihan di daerah kewanitaan jangan sampai lembab dan basah
  2. Mengurangi kebiasaan secara rutin menggunakan anti-septic di daerah kewanitaan
  3. Jika menderita penyakit gula maka harus dikontrol kadar gulanya karena merupakan faktor terjadinya keputihan
  4. Berpola hidup sehat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar