Jumat, Juni 08, 2012

Kondisi Kesehatan yang Bikin Remaja Malu



Saat remaja tubuh mengalami berbagai macam perubahan baik secara fisik maupun hormonal. Tapi ada kondisi kesehatan tertentu yang bisa membuat remaja merasa malu. Apa saja itu?

Remaja merupakan suatu fase yang mana seseorang mengalami perkembangan fisik dan psikologis yang tergolong cepat. Untuk itu dibutuhkan banyak nutrisi agar kebutuhan energinya tercukupi serta tidak ada masalah pada pertumbuhannya dan perkembangannya.



Namun sayangnya remaja memiliki reputasi dengan kebiasaan pola makan buruk, seperti kebanyakan makan junk food atau justru melakukan diet ketat sampai melewatkan waktu makan. Kondisi ini tentu saja menimbulkan dampak dan memperburuk masalah kesehatannya.

Berikut ini beberapa kondisi kesehatan tertentu yang kadang membuat malu seorang remaja, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (8/6/2012) yaitu:


1. Jerawat
Masalah paling umum yang dihadapi oleh remaja adalah jerawat. Penyebabnya bisa karena fluktuasi kadar hormon, gen yang diwariskan, atau makanan tertentu yang memperburuk jerawat.

Untuk mengatasinya cobalah mengonsumsi banyak air, rutin membersihkan muka, menghindari produk yang banyak kafein serta gula dan kurangi konsumsi produk tepung putih.

2. Kulit berminyak
Kulit berminyak bisa disebabkan oleh perubahan hormon atau ketidakseimbangan asam-basa yang mengakibatkan kulit berminyak. Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan yaitu konsumsi makanan kaya protein, sayuran hijau, buah segar, batasi gula dan garam, mengurangi makanan berlemak dan gorengan.

3. Lingkaran gelap di bawah mata
Masalah ini biasanya didasarkan pada genetik, tapi bisa juga disebabkan oleh dehidrasi atau kurang tidur. Untuk menghindarinya konsumsi air kelapa, jus sayuran mentah dan sup sekali seminggu serta tidak mengonsumsi garam terlalu banyak.

4. Konstipasi
Biasanya remaja perempuan lebih rentan terhadap konstipasi dan obat terbaiknya adalah mengonsumsi banyak air dan makanan yang kaya akan serat. Sedangkan gangguan pencernaan lain biasanya terjadi ketika remaja sedang stres menjalani ujian.

5. Cepat merasa lesu
Banyak remaja yang meski usianya masih muda tapi sudah merasa lelah dan lesu, alasannya karena mengonsumsi makanan yang tinggi indeks glikemik. Solusinya adalah konsumsi makanan rendah indeks glikemik seperti gandum, ayam, ikan dan tentunya banyak sayuran.

2 komentar:

  1. Bisa disimpulkan solusi masalah diatas yaitu dg mengkonsumsi makanan nabati gt yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah kak mirza nieh usil bgt orangya hehe

      Hapus