Sabtu, Januari 09, 2016

Aku dan potensiku, Aku dan Kekurangku

Ketika di sodorkan persoalan jati diri mungkin ada beberapa orang bahkan sebagian besar orang belum mengetahui dirinya sendiri. Mau jadi apa, mau kemana, potensi apa yang ada bahkan ada yang tak tahu tujuan hidupnya. Memang ini persoalan yang sangat umum dikalayak orang,ketika diminta untuk menilai keburukan pada dirinya maka mereka akan banyak menuliskan berbagai macam keburukannya. Sedangkan ketika diminta menuliskan potensi apa yang dia miliki atau kelebihannya tak jarang dari kita sulit menuliskannya. (Jadi ingat waktu SMA)
Iseng-iseng ikut jawab soal-soal untuk test jati diri ini yang aku dapatkan, INFJ.... apa artinya?
Saat aku baca:

Anda selelu ingin mencari arti terdalam antara pemikian anda, relasi dengan sesama, dan kehidupan materi. Anda mencoba memahami motivasi orang-orang dan memiliki ketajaman dalam menilai orang. Anda akan melakukan segalanya dengan teliti dan setia kepa nilai-nilai yang anda percayai.Visi anda adalah untuk menyediakan pelayanan yang lebih baik untuk semua orang. Ketika sedang menyelesaikan tujuannya, Anda tetap berani, tegas dan teratur. 

Saya kira kata-kata itu berlebihan namun ada sedikit benar dalam VISI-nya. Aku banget....

ntroversi I atau Extroversi E - Anda mendapatkan energi dan dimana anda memfokuskan perhatian anda.
Anda adalah Seorang dengan Introvert Tendensi, yang Prihatin akan bagaimana perubahan dari dunia luar mempengaruhi anda: konsentrasi pada kekuatan psikologi anda dan perhatian pada apa yang ada dalam diri anda, dan fokus pada pengalaman diri, pemikiran, ide dan emosi. Anda lebih suka berpikir secara independen dan membaca.
Yang berbeda dengan anda adalah Extrovert Tendensi, yang Prihatin akan bagaimana anda mempengaruhi dunia luar: konsentrasi pada kekuatan psikologi anda dan perhatian pada dunia luar dan berkomunikasi dengan orang lain dan menyukai pertemuan, diskusi dan berbicara.
Sensasi S atau Intuisi N - Apa yang anda akan sadari ketika anda menerima dan mengetahui informasi dunia luar.
Anda adalah Seorang dengan Intuisi Tendensi, yang Menyukai teori dan prinsip abstrak. Anda peduli dengan keseluruhan serta kecenderungan untuk berubah dan meningkat. Anda memberi penekanan akan inspirasi, imajinasi dan kreatifitas. Anda menyukai implikasi, analogi, koneksi, kemugkinan, konklusi dan prediksi.
Yang berbeda dengan anda adalah Sensasi Tendensi, yang prihatin akan informasi detail yang di dapat melalui indera persepsi: hal yang ada lihat, dengar, cium, rasa dan sentuh. Anda lebih memperhatikan detail dan deskripsi. Anda suka menggunakan dan meningkatkan keahlian yang sudah dimiliki.
Berpikir T atau Perasaan F - Bagaimana anda mengambil keputusan.
Anda adalah Seorang dengan Perasaan Tendensi, yang Menaruh kepentingan pada perasaan diri dan orang lain. Moral dan Harmoni akan menjadi standar evaluasi anda. Anda bersimpati, baik, bersahabat dan pengertian. Anda selalu memikirkan bagaimana perilaku anda akan mempengaruhi perasaan orang lain.
Yang berbeda dengan anda adalah Berpikir Tendensi, yang Memperhatikan hubungan logis pada hal. Anda suka mengevaluasi dan mengambil keputusan melalui analisa proyek. Anda sangat rasional, objektif dan adil. Anda berpikir prinsip lebih penting dari pada fleksibilitas.
Pertimbangan J atau Pemahaman P - Bagaimana anda mengatur dan mendesain hidup.
Anda adalah Seorang dengan Pertimbangan Tendensi, yangSuka membuat pertimbangan dan keputusan. Anda suka merencanakan dan suka mengatur, mengontrol dan mendorong kepada hasil. Anda fokus pada menyelesaikan tugas. Dalam kehidupan sehari hari anda, Anda berharap hidup anda teratur, selangkah demi langka dan meghormati jadwal waktu.
Yang berbeda dengan anda adalah Pemahaman Tendensi, yang Perlu mengumpulkan lebih banyak data sebelum mengambil keputusan. Sehingga anda mencoba memahami dan menyesuaikan. Anda berfous pada proses dan mengubah tujuan anda berdasarkan perubahan informasi. Anda selalu memperbolehkan variabel tak terduga dalah kehidupan anda. Anda suka dengan gaya hidup yang bebas dan santai, dimana sedikit tidak teratur.

Dalam kebimbangan malam ini, saya mendapat siraman rohani bahwa seharusnya saya tiak menaruh harapan kepada makhluk ALLAH SWT.
Harapan yang seutuhnya hanya pada ALLAH SWT saja, karena ALLAH SWT adalah sandaran hatiyang tak pernah mengecewakan.

Selamat istirahat untuk diriku sendiri 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar