Rabu, Desember 09, 2015

Budayakan 2-3 Liter Air Putih /hari dan Peroleh Banyak Manfaatnya

Gambar 1
Air merupakan unsur terpenting dalam tubuh karena menurut para ahli mengatakan bahwa dalam tubuh kita ini 60-80% terdiri dari air (cairan). Tak heran jika kekurangan air akan mengakibatkan berbagai penyakit dalam tubuh kita. Salah satunya adalah dehidrasi, ini merupakan keadaan fisik tubuh mengalami kekurangan cairan akibatnya sangat komplek misalnya dari dehidrasi maka akan mengakibatkan tubuh deman (panas tinggi), jika ini berlarut - larut maka akan merudak bagian ginjal manusia dan ginjal merupakan unsur terpenting dalam tubuh kita. Jika ginjal rusak maka alat filter (penyaring) dalam tubuh kita rusak, akibatnya racun di dalam tubuh kita mengendap dan mengakibatkan penyakit yang lebih kompleks lagi.

Kebutuhan air bagi tubuh kita setiap harinya yaitu 2-3 liter/hari, karena kita setiap hari kehilangan air melalui pernafasan, keringat, miksi (BAK) dan defekasi (BAB). Air bisa diperoleh dari makanan, minuman, sayur dan buah, The Institute of Medicine menetapkan bahwa asupan air sehari-hari bagi laki-laki adalah3 liter dan wanita adalah 2,2 liter. Bila kita kalkulasikan dengan gelas minum 250ml maka kita membutuhkan 8 sampai 12 gelas per hari nya. 

Fungsi air bagi tubuh kita ini sangat banyak disini saya bedakan menjadi dua yaitu fungsi air untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Mineral yang terkandung dalam air inilah yang mudah diserap oleh tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi. Selain mencegah dari dehidrasi air ini juga dapat menghilangkan dahaga, menyehatkan kulit dan memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh kita.

Gambar 2

Fungsi air bagi kecantikan:

1. Menjaga kelembaban kulit sehingga kulit terasa lebih lembut dan lentur karena air dapat meningkatkanelastisitas kulit.

2. Mencegah keriput karena air akan membuat sel-sel kulit terhidrasi dan bekerja dengan baik, sehingga air juga mengeluarkan kotoran dan racun dari sistem tubuh yang menjaga wajah agar segar dan mengurangi jerawat.

3. Mencerahkan kulit karena dengan minum air putih dapat mendetosifikasi tubuh sehingga kulit sehingga kulit bebas dari jerawat dan lemak lainnya yang berada dalam kulit kita.

4. Membantu pertumbuhan rambut yang efisien dan sehat. Ini disebabkan karean air adalah bahan alami mendukung konsumsi vitamin. hampir 1/4 dariberat seluruh rambut adalah air sehingga dengan minum 2-3 liter air /hari akan membuat rambut tumbuh lebat. bercahaya dan sehat.  

Fungsi air bagi kesehatan:

1. Penghilang dehidrasi dan haus
Ini adalah manfaaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika tidak minum air putih, tentu terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. Cairan dalam tubuh yang teridiri dari air akan membantu pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan, produksi air liur serta transportrasi nutrisi keseluruh tubuh. Hindari belebihan dalam konsumsi yang mengandung alkohol karena akan mengakibatkan dehidrasi berlanjut. Jenis minuman yang tidak akan membantu seperti teh, kopi, juz buah dapat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup saja.

2. Menjaga Otot agar sehat
Cukup air akan membantu kontraksi otot yang normal dan mencegah kram otot.

3. Menghilangkan Racun
Dengan megkonsumsiair setiap pagi hari dapat meringankan fungsi ginjal selain itu dapat mengeluarkan racun serta zat tak bermanfaat lainnya dalam seseoarang ini dikarenakan pada waktu malam tubuh kita tidk mendapatkan asupan cairan yang memadai. 

4. Meningkatkan Enegi
Air putih dapat meningkatkan metabolisme dlam tubuh sehingga membantu seseorang dlam meningkatakan energi di dalam tubuh dan juga membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi lebih segr. Ini disebabkan karena dalam setiap aktivitas yang dijalani manusia memerlukan energi yang optimal apabila mengalami dehidrasi maka tubuh dapat mudah lelah dan juga lesu sehingga aktivitas tidak berjalan dengan efisien. 

5.Sistem Pencernaan Normal
Air juga membantu proses pencernaan, karena ia membantu menjaga ginjal bekerja secara normal. Jikaada kekuranganair dalam tubuh, maka akan mengakibatkan sembelit. Jadi orang -orang dengan masalah sembelit harus minum banyak air untuk menjaga sistem pencernaan mereka normal kembali.

6. Membantu Manajemen Berat Badan
Ketika kehilangan banyak air,maka ginjal tidak dapat berfiungsi dengan baik sehingga akan menumpahkan kelebihan beban pada hati. Hati bertugas membantu membakar lemak menjadi energi, akan tetapi ketika harus melakukan pekerjaanlebih banyak, maka tidak dapat membakar lemak menjadi energi sebagaimana mestinya, sehingga lemak sebagian akan disimpan. Minumlah air dalam jumlah yang baik untuk mencegah penyimpanan lemak, serta untuk menjaga kesehatan. jadi bisa dikatakan bahwa berat badan yang yang ideal adalah salah satu keuntungan dari cukup air. Selain itu, mengkonsumsi air ketika dalam keadaan lapar dapat  menurunkan nafsu makan sehingga bagi kita yang sedang menjalankan program penurunan berat badan mengkonsumsi air ketika lapar dapat membantu menurunkan nafsu makan kita. 

Selain dengan minum air yang cukup, faktor kesehatan masih banyk dipenagruhi beberapa faktor lain diantaranya yaitu makan beraneka ragam makanan dengan menu seimbang dan olah raga teratur, Minum terlalu banyak air juga tidak baik untuk kesehatan kita dan dapat menyebabkan kondisi langka seperti Hiponatremia, Atlet, orang tua pasien penyakit jantung dan sirosis. Kopi, cola, teh tidak bisa dianggap sebagai pengganti air putih. Selain itu, kopi adalah diuretik, sehingga dapat memperbutuk keseimbangan air dalam tubuh. 


Sumber:
http://hariansehat.com/manfaat-dan-khasiat-minum-air-putih-untuk-kesehatan/
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/18-manfaat-luarbiasa-air-putih-bagi-kulit-rambut-dan-kesehatan.html
http://manfaat.co.id/manfaat-air-putih
Gambar 1 : http://ketika.co.id/lifestyle/wp-content/uploads/sites/14/2015/06/Water-01.jpg
Gambar 2 : http://manfaatairputih-untuk.blogspot.co.id/2014/04/bagi-kesehatan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar