Senin, Oktober 22, 2012

Memelihara Kok KETOMBE

Cara menghilangkan ketombe secara AlamiKetombe___Hehe jadi geli ketika saya kuliah teringat terus  dengan blog saya ini. Ada dosen sedang menerangkan pun saya langsung terinspirasi dengan yang namanya ketome hehe. ya.... abis dosenya nerangin masalah ketombe hehe. Teman-teman tahu kan apa itu ketombe??? Atau teman-teman juga punya itu hmmmmm hati-hatilah.....
 
Jangan heran dengan yang namanya ketombe saya yakin semua pernah punya atau bahkan menjadi peliharaan teman-teman hehehe. Jangan lama-lama ya memelihara yang namanya ketombe karena jika sudah terlalu banyak akan mengakibatkan pnyakit lho....kalian tahu penyakit apa???? bisa jadi kanker karena bekas luka dikepala kita. hiiii ngeri juga kan dengarnya.


Sebenarnya ketombe itu sudah ada sejak kita masih bayi lho kawant, pasti ada yang pernah liat bayi yang kulit kepalanya anak putih-putih nah itu juga ketombe tapi kalo di bayi itu gampang sekali menghilangkannya hanya dengan di shampo saja dalam waktu yang sangat cepat akan hilang dengan sendririnya. Tapi beda dengan ketombe yang ada pada rambut atau kulit kepala ornag dewasa, karena akan sulit menghilangkannya dan lama prosesnya apalagi yang sudah hampir penuh tuchhh kulit kepalanya dengan ketombe.

Saya yakin banyak wanita yang tidak Pe-De apabila mempunyai  rambut berketombe aduh gimana nih rambutku kok ada etombenya??kan aku jadi gak Pe-de. Apalagi zaman sekarang wanita dengan secepatnya menutupi kekurangan fisiknya dengan jilbab,,,,Upssss jangan buruk sangka dulu yah saya yakin teman-temanku tidak ada yang sperti itu hehehe peace..........

Pepatah mengatakan bahwa rambut itu mahkota bagi wanita, jadi di jaga baik-baik yaw... menthang-menthang pakai jilbab dengan cueknya tidak memperhatikan rambutnya bahakan jarang lagi sisiran wah-wah jangan sampai seperti itu ya kawant. Allah SWT kan suka keindahan dan kebersihan, kebersihan kan sebagian dari iman. Jangan sampai kita seperti itu yah....

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan atau menimbulkan ketombe :
  • Terjadi kontak mekanik (kimia) contohnya penyisiran yang salah, penggunaan hairdryer/hairspray yg terlalu berlebihan, penggunaan lotion beralkohol tinggi, dan penggunaan warna/cat rambut yang tidak cocok.
  • Pemakaian hlem, topi, kerudung dalam waktu rentan yang terlalu lama
  • Rasa Emosi yang tak terkendali, stres, kebiasaan buruk jarang kramas atau sewaktu membilas kurang bersih.
  • Keringat, bila sobat berolahraga secara teratur, sobat berkeringat lebih banyak, yg juga bisa menimbulkan ketombe terutama jika sobat tidak berkeramas sesering yang seharusnya.
  • Diet, diet yang terlalu asin, manis atau pedas serta dengan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengakibatkan timbulnya ktombe.
  • Sensitif terhadap produk rambut, Penggunaan shampo yang tidak cocok atau sering gonta-ganti pun juga dapat terjangkitnya ketombe, kalau pengalaman saya sih setelah menggunakan shampo Pantene anti ketombe kayak disebelah ini saya jarang lagi mengalami yang namanya ketombe (coba lihat reviewnya).
  • Terjangkit Jamur.
  • Penyakit kulit kepala lain seperti Dermatitis Seboroik.
  • Dan banyak lagi faktor lainnya.

Setelah kita mengetahui apa penyebabnya maka wajib juga kita ketahui bagaimana cara untuk menghilangkan ketombe secara alami, 
1. Minyak Zaitun
Caranya : dengan mencampur 2 sdm minyak zaitun dengan 1 sdm minyak almond. Lalu dioleskan pada kulit kepala scara rata sambil dipijet-pijet. Diamkan selama 15 mnit, kemudian kramas supaya minyak dirambut bisa hilang & bersih.

2. Cuka
Caranya : Campur cuka dengan air dengan jumlah yang sama, gunakan secukupnya sesuaikan dgn panjang rambut anda. Gunakan ramuan ini dan biarkan satu malam. kemudian esok harinya, bilas atau cuci rambut dengan shampo bayi yang memiliki formula ringan.

3. Lidah Buaya.
Caranya : Kupas daun lidah buaya sampai sisa bagian dalamnya yaitu bagian dagingnya yg berwarna transparan. Setelah itu di oleskan ke kepala sampai merata. Biarkan hingga 10 mnit lalu bilas atau bersihkan menggunakan shampo, boleh juga shampo phantene kalau cocok.

4. Jus Apel
Caranya : Buah yang satu ini merupakan cara lain untuk mengatasi atau menghilangkan ketombe dengan cara di Jus. Dg jus apel alami/Sari apel dipercaya dapat menghilangkan ketombe sampai akar-akarnya dan tak akan kembali.

5. Jeruk nipis dan jus lemon
Caranya : usak dua sendok makan air jeruk nipis di kulit kepala Anda. Pijat rambut dan kulit kepala sobat. Lalu ambil satu gelas air plus tambahkan satu sendok makan jus lemon ke dalamnya, kemudian usap lagi ke rambut Anda. Cucilah dengan air setelah beberapa menit. Bisa diulangi beberapa kali untuk hasil maksimal atau sampai ketombe sobat benar2 ilang. Langkah ini juga membuat rambut anda harum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar